Warung Bebas

Selasa, 27 Maret 2012

Hubungan Teh Hijau dan Soft Drink dengan Kesuburan Pada Wanita


 Jika Anda dan pasangan ingin segera mendapatkan momongan, tidak ada salahnya untuk mencoba minum teh secara rutin. Mengapa? Riset teranyar mengindikasikan, minum dua cangkir teh hijau sehari dapat membantu meningkatkan peluang seorang wanita untuk hamil.

Penelitian para ilmuwan Denmark mengindikasikan bahwa perempuan yang secara teratur minum teh hijau memiliki peluang 27 persen lebih besar untuk hamil ketimbang mereka yang tak minum teh. Dalam risetnya, peneliti juga menemukan, konsumsi minuman bersoda setiap hari justru akan mengurangi peluang untuk hamil.

Perempuan yang mengonsumsi minuman ringan (soft drink) setidaknya dua kali dalam sehari, peluang untuk hamil berkurang sebesar 20 persen. Sementara itu, konsumsi kopi sama sekali tidak memiliki pengaruh terhadap kesempatan seorang perempuan untuk mendapatkan anak.

Dalam risetnya, peneliti melibatkan 3.600 anggota kelompok wanita asal Denmark yang sedang berusaha untuk memiliki bayi (usia rata-rata 28 tahun). Setiap relawan tersebut dipantau selama satu tahun. Profesor Elizabeth Hatch, pemimpin riset dari University Boston Amerika Serikat, bersama timnnya ingin melihat apakah asupan kafein memiliki pengaruh terhadap peluang wanita untuk memiliki bayi. 

"Kami menemukan bahwa wanita yang minum teh dua atau tiga kali sehari memang memiliki peluang peningkatan untuk hamil sebesar 27 persen. Tetapi, kami tidak tahu bagaimana cara mereka menyajikan teh. Apakah mereka menambahkan susu atau lemon, tapi yang pasti mereka punya peningkatan kesempatan untuk hamil ketimbang perempuan yang tidak minum teh sama sekali," kata Prof Hatch.

"Saya pikir minum dua atau tiga cangkir teh setiap hari untuk siapa pun yang ingin hamil tak menjadi masalah. Saya tertarik untuk mengatakan bahwa teh adalah obat ajaib untuk hamil, tetapi itu tidak realistis. Mungkin ada faktor lain yang memengaruhinya," tambahnya. 

Hatch mengungkapkan, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi apakah minum teh hijau benar-benar dapat membantu perempuan untuk hamil. Peneliti menduga, ada sesuatu yang lain dalam diet atau gaya hidup mereka yang membantu memperbesar kesempatan untuk hamil.

Sementara itu, Maha Ragunath, konsultan dalam kedokteran reproduksi dari Care Fertility Centre, Nottingham, mengatakan, teh memiliki sifat khusus yang dapat membantu kesuburan. "Teh mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk kesuburan pria dan wanita. Tetapi, bukan berarti wanita yang sedang berusaha untuk memiliki anak harus minum teh sebanyak-banyaknya, karena segala sesuatu harus dibatasi," katanya.

Laurence Shaw, Associate Director dari Bridge Fertility Centre, London, menganjurkan kepada para wanita yang ingin hamil untuk tetap berkonsultasi dengan dokter dan membatasi konsumsi teh. "Saya akan berkata kepada setiap wanita (berusia lebih dari 35 tahun) yang mencoba untuk hamil agar mendapatkan saran yang tepat dan jangan minum sepuluh cangkir teh sehari," ujarnya.



0 komentar em “Hubungan Teh Hijau dan Soft Drink dengan Kesuburan Pada Wanita”

Poskan Komentar

 

Cara Cepat Hamil Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger